Tuesday, 1 June 2010

SEJARAH KOMPUTER

1.Tujuan Instruksional Umum

Setelah mempelajari bab ini mahasiswa diharapkan mampu mengenal sejarah perkembangan komputer dan perbedaan komputer menurut generasinya.

2. Tujuan Instruksional Khusus

- mengenal sejarah komputer sesuai buku referensi
- memahami dan dapat mengidentifikasikan perbedaan komputer dari satu generasi ter-
Tentu sesuai dengan buku referensi
- menguasai perkembangan spesifikasi komputer masa kini sesuai buku referensi

3. Pengantar

Pada bab ini kita akan mempelajari sejarah komputer, yakni bagaimana komputer itu berkembang dari masa ke masa sampai pada bentuk yang kita kenal sekarang ini. Hal ini berguna untuk mengerti proses perubahan yang terjadi dalam dunia komputer, sehingga kita dapat mengetahui latar belakang dari teknologi komputer saat ini dan menjadi arah untuk kemajuan teknologi komputer selanjutnya. Komputer digital seperti yang kita lihat sekarang ini ditemukan kurang lebih lima puluh tahun yang lalu. Penemuan ini dipicu oleh adanya kebutuhan akan pemrosesan data yang sangat cepat dan ekonomis. Inilah yang menjadi alasan philosofis kenapa kita perlu berkomputer.

Dalam bab ini akan dibahas sejarah perkembangan komputer mulai dari jaman klasik sampai dengan era modern (digital).

4. Zaman Pra-Modern

Konsep penghitungan telah dikenal sejak awal peradaban. Dalam konteks ini penting bagi masyarakat untuk bisa menghitung, hal ini terkait dengan tradisi perdagangan yang mulai berkembang sehingga sangat diperlukan kemampuan untuk menghitung dan menaksir harga suatu barang. Satu dari alat yang paling kuno dipakai untuk keperluan ini adalah “abacus” yang dipakai diperadaban Babylonia, Arab, Cina dan Roma.

Abacus tidak hanya digunakan oleh peradaban kuno tetapi juga telah merata sepanjag abad, dan telah terkenal terutama di Eropa pada tahun 1500-an dan 1600-an ketika berkembang perdagangan internasional. Saat ini Abacus masih tetap digunakan pada masyarakat tertentu seperti Cina dan Jepang. Di masyarakat kitapun masih ada yang menggunakan abacus untuk dipakai sebagai alat Bantu kalkulasi. Sucaba adalah merk dagang komputer yang handal dan tahan banting.

5. Revolusi Ilmu Pengetahuan

Masa bermulanya ilmu pengetahuan modern.

Revolusi ilmu pengetahuan adalah suatu zaman dalam sejarah yang menghasilkan orientasi baru terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Masa ini bermula pada pertengahan abad enam belas dengan penemuan bahwa mataharilah, dan bukannya bumi, yang sebenarnya pusat dari tatasurya. Revolusi ilmu pengetahuan berhasil mencapai puncaknya dengan definisi formal mengenai hokum alam yang ditetapkan oleh Sir Isaac Newton pada tahun 1687. dengan adanya hukum ala mini, prinsip-prinsip ilmu pengetahuan menjadi dasar untuk membuka tabir rahasia kehidupan umat manusia.

Revolusi ilmu pengetahuan membantu perkembangan kepentingan dalam penghitungan dan peralatan hitung. Masyarakat menghargai nilai peralatan ataw perlengkapan yang membantu ilmuwan melaksanakan percobaan-percobaaan dan menemukan hukum-hukum alam dan ilmu pengetahuan yang lebih tinggi. Jadi, untuk yang pertama kalinya, teknologi menjadi suatu keharusan yang sangat terkait dengan ilmu pengetahuan.

Orientasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi ini membantu menjelaskan kepentingan alat-alat penghitungan yang dikembangkan selama abad enam belas dan tujuh belas. Alasan lain untuk meningkatkan kepentingan dalam penghitungan adalah pertumbuhan perdagangan dan perkembangan pegawai golongan menengah dan pedagang yang banyak menjalankan penghitungan. Orang-orang bisnis dan ilmuwan sama-sama membutuhkan peralatan yang dapat menghitung dengan cepat dan tepat.

Dengan pemunculan nilai-nilai ilmuwan modern dan adanya kebutuhan untuk peralatan penghitungan, tidaklah mengherankan jika ilmuwan yang berjasa dan muncul adalah mereka yang berhasil menemukan alat hitung. Berikut ini adalah ilmuwan yang dimaksud yang berjasa atau mempunyai kontribusi terhadap perkembangan komputer.

• Blaise Pascal (1632 – 1662)

Blaise Pascal adalah seorang ahli matematika dan peneliti fisika dari Prancis yang menciptakan dan mengembangkan kalkulator. Pada tahun 1645, ia menemukan mesin hitung yang mampu menambahkan dan mengurangi angka-angka. Penemuan itu merupakan mesin hitung pertama yang pernah dibuat. Mesin tersebut dijalankan dengan cara memutarkan beberapa roda. Disekitar lingkaran dari masing-masing roda terdapat angka 0 sampai 9. jumlah atau totalnya diperlihatkan di atas penunjuk piringan.

Meskipun ia mendapatkan hak paten atas penemuannya itu, pascal tidak terlalu sukses dalam memasarkannya. Mungkin penjelasan yang paling masuk akal atas kurangnya minat terhadap alat ini adalah karena sulitnya dalam hal perbaikan dan banyak orang yang ragu terhadap kemampuan alat tersebut untuk menghemat waktu.

• Gottfried Leibniz (1646 – 1716)

Seperti pascal, Gottfried Leibniz adalah ilmuwan abad tujuh belas yang memperkenalkan alat mesin yang dapat melakukan perhitungan matematis dan menghemat tenaga kerja. Pada tahun 1694, Leibniz melengkapi kalkulatornya mengggunakan teknik yang sama dengan penambahan dan pengurangan seperti alat pascal namun dapat pula menjalankan perkalian dan pembagian. Bagaimanapun juga, sama halnya dengan kasus pascal, mesin Leibniz selangka lebih maju daripada jamannya. Namun demikian masyarakat belum siap untuk menggunakan alat hitung yang didisain untuk menghemat tenaga kerja tersebut.





6. Revolusi Industri (1760 – 1830)

Mulainya masa teknologi modern.

Sebagaimana revolusi ilmu pengetahuan yang telah berhasil merubah pola piker terhadap ilmu pengetahuan. Revolusi industri dimulai di Inggris sekitar tahun 1760 – 1830, masyarakat Inggris begitu berubah drastic ketika sebuah revolusi terjadi. Perubahan tersebut mengiringi revolusi indusrti, yang cepat menyebar pada abad sembilan belas ke Negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat.

Perubahan-perubahan yang terjadi dengan adanya perkembangan teknologi :

 Peralihan dari pedesaan menjadi masyarakat urban

 Peralihan dari produk tangan menjadi mekanisasi pabrik

 Peralihan dari perdagangan regional atau lokal menjadi transportasi masal penggunaan system area luas.

 Perhatian terhadap mesin kerja

 Perkembangan dalam cara-cara pengerjaan bahan.

Walaupun begitu masih ada sebagian masyarakat anti teknologi karena berpendapat penggunaan mesin-mesin dapat berakibat buruk yaitu pengangguran. Akibatnya pengangguran menjadi cirri khas kota-kota besar. Seiring dengan itu revolusi industri menghasilkan banyak penemuan-penemuan yang tidak kalah pentingnya.

• Alat tenun buatan Joseph Marie Jacquard:

Tahun 1804 Jacquard menemukan metode untuk mengatur kerja alat tenun dengan menggunakan lobang-lobang yang di tekan pada kartu-kartu sehingga alat tenun dapat otomatis mengatur pola-pola tertentu dan mengatur pengguaan warna. Penemuan Jacquard sangat sukses karena mesinnya dirancang disaat jaman penghematan tenaga kerja. Usaha Jacquard juga dihargai pemerintah Napoleon sehingga saat itu pemerintah mendukung ilmuwan-ilmuwan lain untuk terus bekerja demi kepentingan manusia.

• Mesin Ukur Analisis Charles Babbage

Tahun 1822, Babbage pertama kali menciptakan Difference Engine yang berfungsi untuk menggerakkan prosedur standard dalam penghitungan akar-akar dari polynomials. Penemuan ini akhirnya digunakkan pelaut Inggris dalam table astronomical untuk keperluan pelayaran. Babbage melanjutkan karyanya dengan menciptakan Analytical Engine, mesin ini menggunakan 2 tipe kartu yang pada dasarnya sama dengan kartu yang dipakai Jacquard. Cara kerjanya dengan memasukkan program / instruksi pada kartu, diikuti data kartu yang merupakan metode yang digunakan komputer modern.

Babbage menyusun 2 konsep utama dari Analytical Engine:

1. penyimpanan dalam alat (store within the device) : dimana instruksi dan variable akan dipindahkan. Pada saat ini kita menamakan system tersebut memori komputer.
2. penggilingan dalam alat (mill within the device) : dimana operasional aritmatika dapat digunakan. Pada saat ini kita menamakan system tersebut arithmetic logic unit. Dalam temuan ini, Babbage dibantu oleh Lady Ada Augusta Byron. Agusta menulis cara kerja Analytical Engine, sehingga dapat dikatakan Augusta adalah programmer yang pertama. Babbage selalu mencoba memasukkan ilmu pengetahuan kedalam teknologi dengan cara yang baru dan menarik, tapi sebelum melihat hasil penemuannya ia keburu meninggal dunia.

Berkibarnya teknologi Amerika

Semenjak pertengahan abad ke 19 teknologi Amerika mambawa sesuatu yang berarti bagi manusia, lebih dari sekedar menghasilkan suatu mesin saja. Amerika selalu memanfaatkan mesin untuk kepentingan manusia itu sendiri, jadi mesin bukanlah alat penyebab pengangguran.

• Herman Hollerith

Tahun 1880-an, Hollerith dipekerjakan untuk mencatat sensus penduduk. Dengan keahliannya dibidang mesin dan industri, ia menciptakan punched card yang beisi data sensus yang merupakan kode pada bentuk lobang-lobang. Hollerith menciptakan alat penyusun table yang dapat membaca kartu dan memproses data. Hollerith’s Tabulating Machine Company berubah dari bentuk firma ke perusahaan yang kelak dikenal dengan IBM.

• Perang Dunia II:

Howard Aiken menciptakan mark I, sebuah mesin elektris yang dapat menyambung ke komputer. Pada waktu yang sama, George Stibitz menciptakan komputer penyambung untuk Bell Telephone Laboratories. Kedua penemuan ini berkembang pesat di saat jaman kematangan teknologi dan jaman perang memacu perkembangan juga. Pada perang dunia II ini, pemerintah Amerika membiayai sebuah kelompok insinyur muda di Moore School of Electrical Engineering dari Universitas Pennsylvania. Kelompok ini menciptakan komputer digital elektronik untuk mengatasi masalah-masalah dalam ilmu Balistik. Dibawah pengawasan J.Presper Eckert Jr dan John Mauchly, dirancanglah ENIAC yaitu sebuah computer digital elektronik yang terdiri dari 18000 tabung hampa dan membutuhkan tombol manual untuk mendapatkan program yang diinginkan.

• Pasca Perang Dunia II:

Masih dari Moore School, Eckert dan Mauchly pindah dan membentuk perusahaan komputer. Komputer komersial pertama diciptakan pada tahun 1951 bernama UNIVAC 1 digunakan sebagai alat untuk meramalkan hasil-hasil pemilihan. Selanjutnya, perusahaan Eckert dan Mauchly diambil alih oleh Remington Rand yang berganti nama Sperry Rand. Pada awal tahun 1950-an, IBM menjadi saingan dari Sperry Rand dalam komputer komersial, Industri besar telah mulai di bentuk.

Jaman Micro

Tahun 1975 perusahaan MITS,Inc memasarkan Altair yaitu personal computer yang di format dalam bentuk kotak, pemakai harus memasang dan menghubungkan komputer itu pada sebuah display, printer atau alat lain yang dibutuhkan. Tahun 1976 perusahaan Tandy Corporation menciptakan Radio Shack yang menggunakan bentuk yang siap pakai dan menyediakan software. Radio Shack komputer ini memperoleh sukses yang sangat besar. Tahun 1977 Apple memperkenalkan personal komputer pada musim gugur tahun 1981.


GENERASI KOMPUTER

Tahun 1940 dijadikan tonggak sejarah yang menandai dimulainya era atau generasi komputer. Tahun ini dipilih karena sejak tahun tersebutlah dimulainya era komputer secara komersial. Sejak saat itu telah terjadi 4 generasi komputer dari generasi pertama sampai generasi ke empat, dapat dilihat sebuah trend bahwa komputer diproduksi secara masal dengan kecenderungan microminiaturization,

• Generasi Pertama (1951-1958)

Dimulai dengan diperkenalkan UNIVAC 1 di tahun 1951, sebuah komputer dengan menggunakan tabung hampa sebagai komponen logic utama dan pengatur operasinya. Akan tetapi tabung hampa tidak tahan lama dan perlu digerakkan oleh tenaga listrik yang besar

• Generasi Kedua (1958-1964)

Komponen logic utama dari generasi kedua adalah transistor. Transistor merupakan penemuan Bell labs tahun 1947. Transistor lebih cepat, lebih tahan dan lebih kecil daripada tabung hampa. Pada generasi ini juga di gunakan inti magnet (magnetic core) yang berfungsi menampilkan data pada komputer. Komputer mulai di gunakan dalam dunia bisnis dan program dalam bahasa-bahasa asing mulai dikembangkan.

• Generasi Ketiga (1964-1974)

Masih ditandai dengan pengurangan ukuran dari komponen-komponen komputer. Komponen logic utama generasi ini adalah Integrated Circuit (IC). IC mengandung banyak komponen dilebur menjadi satu silicon Chip.



• Generasi Keempat (1974-sekarang) :

Ditemukan microprocessor atau komputer pada sebuah chip. Jutaan transistor dietsa dalam chip tersebut. Microprocessor tidak hanya digunakan pada komputer saja tapi juga pada dunia otomotif, mesin jahit oven dan sebagainya. Keempat generasi ini akan terus berlanjut dengan menggunakan chips yang dapat mengandung banyak items. Generasi kelima sudah hampir tiba, dengan dikembangkannya konsep “artificial intelegence”, suatu konsep dimana kelak diharapkan tercipta komputer yang mempunyai kecerdasan sebagai mana yang kita miliki. Dengan ini maka akan dapat meminimumkan kebutuhan dari program yang kompleks. Jepang adalah bangsa terdepan dari generasi kelima ini dan menamakan karyanya sebagai “Intelegent Machines”. Dalam konteks ini sedang dikembangkan biologi cal chips.

BERDASARKAN PENGGUNAANNYA

Berdasarkan penggunaannya, komputer digolongkan kedalam specialpurpose komputer (komputer untuk penggunaan khusus) dan general-purpose computer (komputer untuk penggunaan umum).

1. Special-purpose komputer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus. Yang biasanya hanya berupa satu masalah saja. Program komputer sudah tertentu dan sudah tersimpan di dalam komputernya. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah Special-purpose computer.

Special-purpose computer banyak di kembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri, seperti misalnya pabrik kimia, penyulingan minyak. Pabrik baja serta untuk tujuan militer. Untuk memecahkan masalah navigasi di kapal selam dan kapal terbang




2.General-purpose Computer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan-permasalahan yang berbeda. Karena komputer jenis ini tidak dirancang untuk masalah yang khusus. Maka dibandingkan dengan special-purpose computer, kecepatannya lebih rendah. Sejak komputer generasi ketiga. Kecepatan proses komputer telah meningkat dengan pesatnya, sehingga proses general-purpose computer, dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berbeda-beda, seperti misalnya aplikasi bisnis, teknik pedidikan, pengolahan kata, permainan dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Ukurannya

Berdasarkan ukurannya, komputer digolongkan kedalam micro computer, mini computer, small computer, medium computer, large computer dan super computer.

• kapasitas main memory (simpanan dalam).

Ukuran kapasitas simpanan atau pengingat atau memori komputer dinyatakan dalam satuan byte. Beberapa orang mencoba untuk menggolongkan komputer dengan membandingkan kapasitas dari main memory. Akan tetapi sekarang sangat sulit untuk menggolongkannya, karena teknologi telah berkembang dengan pesatnya.

1. komputer mikro umumnya adalah single-user (pemakainya tunggal), yaitu satu komputer hanya dapat digunakan untuk satu pemakai saja untuk tiap saat. Ruangan yang dibutuhkan kecil, komputer mikro dapat diletakkan diatas meja, sehingga dapat disebut juga dengan nama desktop computer.

2. mini komputer
komputer mini dapat bersifat multi-user (pemakainya banyak), yaitu sebuah computer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai. Tiap-tiap terminal dapat diletakkan ditempat yang terpisah yang dihubungkan dengan pusat komputernya.

3. Medium computer
Medium computer disebut juga dengan nama medium-scale mainframe computer. Medium computer dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output. Pusat komputer biasanya menggunakan medium komputer dan terminal-terminal dapat menggunakan micro computer atau mini computer untuk penerapan konsep distribusi data processing (DDP).

4. Large computer
Large computer disebut juga dengan nama mainframe computer atau large-scale mainframe computer karena bentuk fisiknya besar seperti lemari. Komputer jenis ini digunakan pada perusahaan-perusahaan yang besar, seperti misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang tersebar diseluruh dunia yang tiap-tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya.

5. Super computer
Super computer disebut juga dengan nama parallel processor, karena super komputer adalah komputer mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara parallel. Contohnya adalah super komputer yang digunakan diperusahaan telepon PTT di Belanda yang menggunakan sebanyak 48 processor yang diparalel.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment