Wednesday 9 June 2010

Masa Kecil Rasulullah yang Mengejutkan

Rasulullah saw lahir kedunia ini dengan membawa segudang keistimewaan, bahkan keajaiban. Bahkan semenjak dalam kandungan, bundanya, aminah binti Wahb sudah merasakan bahwa anak yang dikandungnya bakal menjadi orang yang istimewa di dunia ini. Diantara kejaiban ketika masih dalam kandungan, sebagai calon pemimpin umat terbesar di dunia, rasulullah saw memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya, termasuk dalam pertumbuhan tubuhnya.

Sejak kelahirannya bukti-bukti kebesaran dirinya sebagai calon pemimpin umat tampak sekali, dan dapat disaksikan oleh semua orang yang hidup di zaman itu, dengan melihat tanda-tanda alam serta pertumbuhan tubuh dan mentalnya.

Diceritakan dalam kitab “Maulidul Barzanjiy” : bahwa Rasulullah saw lahir sambil meletakkan kedua belah tangannya di atas bumi dengan mengangkat kepala keatas langit yang tinggi. Demikian itu, sebagai tanda pada sikap kepemimpinannya dan ketinggian pangkatnya. Juga sebagai isyarah kepada keluhuran martabatnya melebihi seluruh manusia.

Beliau lahir dalam keadaan bersih, sudah berkhitan dan tali pusarnya telah terpotong dengan kehendak Allah. Beliau lahir degan keharuman baunya yang semerbak, rambutnya berminyak dan kedua matanuya bercelak.

Ada keterangan lain yang mengatakan, bahwa Rasulullah saw lahir masih belum di khitan, lalu datuknya yang mengkhitan beliau dalam usia tujuh hari, seperti yang dilakukan oleh umumnya orang arab.

Keistimewaan lain yang terjadi pada diri Rasulullah saw sewaktu kecil, pertumbuhannya sangatlah pesat. Waktu satu hari bagi Rasulullah sama halnya dengan waktu satu bulan bagi anak-anak lain. Sehinnga tidaklah mengherankan jika beliau telah dapat berdiri dengan tegaknya ketika baru berusia tiga bulan, dapat berjalan dalam usia lima bulan, dan telah menjadi anak yang tegar serta kuat ketika mencapai usia sembilan bulan, serta dapat berbicara denagn fasihnya.

Halimah binti Abu Dzu’aib wanita yang menyusui Rasulullah saw mengatakan : “ Rasulullah saw tumbuh dengan baik, tidak seperti bayi-bayi lain, bahkan sebelum usia dua tahun dia sudan tumbuh pesat.

No comments:

Post a Comment